TINDAKAN KELAS
Analisis rancangan kegiatan /
penelitian
1.
Topik atau masalah
“ Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan metode pembelajaran
discovery pada siswa kelas V di SDN pagak 04 kecamatan pagak kabupaten malang “
2.
Latar belakang masalah
System pendidikan
di Indonesia
ternyata telah mengalami banyak kemajuan.
Sejalan dengan
kemajuan tersebut, pendidikan di sekolah – sekolah telah menunjukan
perkembangan yang pesat. Perkembangan itu terjadi karna terdorong adanya
pembaharuan – pembaharuan dalam pendidikan sehingga di dalam pengajaran pun
guru selalu ingin menemukan metode dan peralatan baru yang dapat memberikan
semangat belajar bagi semua siswa, karna itu guru harus membuwat suwatu
pengajaran menjadi lebih efektif dan menarik sehingga bahan pelajaran yang di
sampaikan akan membuwat siswa merasa senang dan perlu untuk mempelajari bahan
pelajaran tersebut.
Untuk itu di perlukan suatu upaya dalam rangka meninkatkan mutu
pendidikan
Dan pengajaran,
salah satunya dengan memilih strategi / cara dalam menyampaikan materi
pelajaran agar di peroleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya
pelajaran IPA. Guru juga harus memberikan motifasi belajar sehingga dengan
bantuan itu anak didig dapat keluar dari kesulitan belajar . contoh proposal
PTK berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan belajar rata – rata
yang di hadapi para siswa tidak memiliki dorongan belajar. Halini dikarnakan
guru dalam proses belajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menguraikan alat
peraga dan materi pelajaran tidak di sampaikan secara kronologis.
Berdasarkan uraian tersebut. Penulis mencoba menerapkan salah satu metode
yaitu metode pembelajaran penamun ( discovery ) untuk mengungkapkan apakah
dengan metode tersebut dapat meningkatkan belajar dan prestasi belajar IPA
serta
mengkondisikan
siswa untuk terbiasa menemukan, mencari dan mendiskusikan sesuatu yang
berkaitan dengan pengajaran.
3.
Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di rumuskan suatu masalah
sebagai berikut :
- Bagaimanakah pengaruh mrtode pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V dari SDN pagak 04 di kecamatan pagak kabupaten malang tahun belajar 2007 / 2008 ?
- Bagaimanakah peningkatan prestai belajar siswa dengan di terapkannya pembelajaran discovery mata pelajaran IPA pada siswa kelas V dari SDN pagak 04 di kecamatan pagak kabupaten malang tahun pelajaran 2007 / 2008 ?
4.
Hipotesis
Hipotesis dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah :
“Penerapan
pembelajaran discovery dapat menintgkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa
mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN pagak kecamatan pagak kabupaten malang tahun pelajaran
2007 / 2008.
5. Studi atau kajian pustaka
- Motivasi adalah suwatu proses untuk menggiatkan motif – motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu ( usman 2000 : 28 )
- Prestasi belajar adalah hasil belajar yang di nyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
-
- Metode pembelajaran penamun ( discovery ) adalah suwatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri
Metode penelitian yang di gunakan adalah metode survey / observasi. Yaitu metode yang di gunakan dengan cara melakukan proses pengamatan langsung di lapangan. Serta jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang bersifat reflektif. Prtisipatif, kolaboratif dan spiral yang bertujuan untuk melakukan perbaikan – perbaikan terhadap system, cara kerja proses, isi dan kompetensi atau situasi pembelajaran.7. Variable atau sumber dataVariable yang di gunakan dalam penelitian ini adalah variable kualitaty, yaituvariable yang berkaitan dengan narasi dan deskripdsi suatu peristiwa,misalnya : motivasi, persepsi, tingkah laku, dsbSumber data :Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir siswa yang di peroleh dengan mengamati munculnya pertanyaan dan jawaban yang ada selama diskusi berlangsung dan diklasivikasikan menjadi C1 – C6.Data untuk hasil penelitian ini di peroleh dari hasil nilai ulangan harian ( test ) siswa kelas V SDN pagak 04 swbagai obyek penelitian dengan menggunakan teknik sample acak sederhana ( random sampling ) yaitu pengambilan sampel di mana setiap obyek memperoleh kesempatan dan peluang yang sama untuk mrnjadi sampel.8. Metode pengumpulan dataPenelitian ini menggunakan data primer. Yaitu data yang langsung di dapat dari sumber pertama.
No comments:
Post a Comment