Sunday, November 2, 2014

ANALISIS PROPOSAL



TINDAKAN KELAS

Analisis rancangan kegiatan / penelitian
           1.      Topik atau masalah
“ Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas V di SDN pagak 04 kecamatan pagak kabupaten malang “

           2.      Latar belakang masalah
System pendidikan di Indonesia ternyata telah mengalami banyak kemajuan.
Sejalan dengan kemajuan tersebut, pendidikan di sekolah – sekolah telah menunjukan perkembangan yang pesat. Perkembangan itu terjadi karna terdorong adanya pembaharuan – pembaharuan dalam pendidikan sehingga di dalam pengajaran pun guru selalu ingin menemukan metode dan peralatan baru yang dapat memberikan semangat belajar bagi semua siswa, karna itu guru harus membuwat suwatu pengajaran menjadi lebih efektif dan menarik sehingga bahan pelajaran yang di sampaikan akan membuwat siswa merasa senang dan perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Untuk itu di perlukan suatu upaya dalam rangka meninkatkan mutu pendidikan
Dan pengajaran, salah satunya dengan memilih strategi / cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar di peroleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran IPA. Guru juga harus memberikan motifasi belajar sehingga dengan bantuan itu anak didig dapat keluar dari kesulitan belajar . contoh proposal PTK berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan belajar rata – rata yang di hadapi para siswa tidak memiliki dorongan belajar. Halini dikarnakan guru dalam proses belajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menguraikan alat peraga dan materi pelajaran tidak di sampaikan secara kronologis.
 
Berdasarkan uraian tersebut. Penulis mencoba menerapkan salah satu metode yaitu metode pembelajaran penamun ( discovery ) untuk mengungkapkan apakah dengan metode tersebut dapat meningkatkan belajar dan prestasi belajar IPA serta
mengkondisikan siswa untuk terbiasa menemukan, mencari dan mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan pengajaran.

              3.      Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di rumuskan suatu masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimanakah pengaruh mrtode pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V dari SDN pagak 04 di kecamatan pagak kabupaten malang tahun belajar 2007 / 2008 ?
  2. Bagaimanakah peningkatan prestai belajar siswa dengan di terapkannya pembelajaran discovery mata pelajaran IPA pada siswa kelas V dari SDN pagak 04 di kecamatan pagak kabupaten malang tahun pelajaran 2007 / 2008 ?

              4.   Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah :
“Penerapan pembelajaran discovery dapat menintgkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN pagak kecamatan pagak kabupaten malang tahun pelajaran 2007 / 2008.

             5.  Studi atau kajian pustaka
  1. Motivasi adalah suwatu proses untuk menggiatkan motif – motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan,  atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu  ( usman 2000 : 28 )
  2. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang di nyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk  skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
    1. Metode pembelajaran penamun ( discovery ) adalah suwatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri
    6.   Metode penelitian

    Metode penelitian yang di gunakan adalah metode survey / observasi. Yaitu metode yang di gunakan dengan cara melakukan proses pengamatan langsung di lapangan. Serta jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang bersifat reflektif. Prtisipatif, kolaboratif dan spiral yang bertujuan untuk melakukan perbaikan – perbaikan terhadap system, cara kerja proses, isi dan kompetensi atau situasi pembelajaran.

    7.      Variable atau sumber data
    Variable yang di gunakan dalam penelitian ini adalah variable kualitaty, yaitu
    variable yang berkaitan dengan narasi dan deskripdsi suatu peristiwa,
    misalnya : motivasi, persepsi, tingkah laku, dsb
    Sumber data :
    Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir siswa yang di peroleh dengan mengamati munculnya pertanyaan dan jawaban yang ada selama diskusi berlangsung dan diklasivikasikan menjadi C1 – C6.
    Data untuk hasil penelitian ini di peroleh dari hasil nilai ulangan harian ( test ) siswa kelas V SDN pagak 04 swbagai obyek penelitian dengan menggunakan teknik sample acak sederhana ( random sampling ) yaitu pengambilan sampel di mana setiap obyek memperoleh kesempatan dan peluang yang sama untuk mrnjadi sampel.

    8.      Metode pengumpulan data
    Penelitian ini menggunakan data primer. Yaitu data yang langsung di dapat dari sumber pertama.

No comments:

Post a Comment